Pages

Rabu, 28 September 2011

Ciri-Ciri Hamster Hamil dan Tips Merawatnya

ini keturunan dari gembul dan gembil. lahir tanggal 27-september-2011 :)

Ciri2 Hamster Hamil:

1. Perutnya yang membesar ke depan. Beda halnya dengan hamster yang tidak hamil akan gemuk ke samping.
2. Bentuk badan seperti bohlam atau buah alpukat.
3. Lebih galak, lebih agresif dan suka menggigit. Berbeda dengan yang tidak hamil.
4. Terdapat titik-titik hitam di bagian perut bawah hamster.
5. Ketika sudah 15 hari, hamster akan gelisah dengan sikapnya yang mondar-mandir pada waktu siang hari.
6. Makan dan minum lebih banyak dari biasanya.
7. Lebih sering tidur.
8. Mulai membuat sarang di pojok-pojok kandang.

Tips Merawat Yamster Yang Lagi Hamil
1. Ketika sudah terlihat bahwa hamster tersebut hamil, segera pisahkan induk betina dengan induk jantannya dengan kandang yang berbeda.

2. Cuci kandang tersebut hingga bersih kemudian berikan sobekan tisu atau sobekan kertas atau elap kering agar ketika bayi hamster lahir tidak kedinginan. Jika perlu berikan lampu di dalam kandang agar bayi hamster dan sang induk hangat. Keluarkan mainan yang berada di dalam kandang karena tingkat keagresifan hamster yang sedang hamil sangat tinggi dan untuk mencegah agar tidak keguguran.

3. Jangan mengganti serbuk yang berada di dalam kandang sebelum melewati usia 1 bulan.

4. Berikan makanan seperti kuaci mentah, biji milet, kenari seed, biskuit dan toge 3x sehari secara rutin dengan porsi dua kali lipat dari biasanya dan berikan minum yang telah di campurkan dengan vitamin .

5. Jangan sering-sering melihat atau memegang hamster karena hal tersebut bisa membuat hamster stress, susah melahirkan dan bayi hamster dapat di makan oleh induknya. Faktor yang dapat menyebabkan bayi hamster di makan karena ibunya kekurangan  suplai makanan dan suasana yang ramai. Jadi jangan sampai induknya kekurangan nutrisi dan letakkan kandang di tempat yang gelap dan jarang di lalui manusia. 

6. Ketika bayi hamster sudah berumur  1 bulan, sudah dapat di pisahkan dengan induknya dan induk betina dapat di campurkan lagi dengan induk jantan dan juga sudah boleh di masukkan mainan ke dalam kandang. Tapi ingat jangan sesekali mencampurkan hamster yang berumur 1 bulan dengan induk jantan karena dapat di makan oleh induk jantannya. Sekitar 2 minggu, induk betina dapat hamil kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar